Skip to content

Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk marathon?

Bulan Juli sampai dengan November adalah masa-masa dimana lomba lari mulai di laksanakan atau yang lebih sering dikenal oleh penghobi lari sebagai “race season”. Walaupun beberapa pelari sudah melakukan lomba marathon beberapa kali, tetapi tanpa persiapan yang memadai, ada saja yang terlupa atau terlewat untuk disiapkan. Berikut ini kami coba berikan beberapa benda atau aktifitas yang sering terlewat saat mempersiapkan marathon.

  • Pengaturan transportasi: 

Persiapkan pengaturan transportasi minimal 1 hari sebelum hari lomba, jadwalkan waktu keberangkatan dengan tepat. Idealnya Anda harus sampai di lokasi lomba, paling tidak 1 jam sebelum flag off. Untuk yang muslim juga harus memperkirakan apakah waktu flag off  berdekatan dengan waktu solat, karena untuk marathon umumnya dimulai saat dini hari. Pemilihan mode transportasi juga harus direncanakan dengan matang, karena tidak semua lomba marathon menyediakan fasilitas shuttle.

  • Perlengkapan lari:

Buat checklist apa saja yang akan digunakan saat berlari, mulai dari yang wajib seperti jersey, celana, sepatu. Sampai aksesoris pendukung, seperti kacamata, flip belt, TWS /earphone dan botol minum. Untuk yang akan berlari ke luar kota, semua barang yang akan dipakai HARUS di pack di tas/koper yang sama dengan baju yang akan digunakan sehari-hari. Karena banyak kasus, perlengkapan lari di pack  di tempat yang berbeda, misal di duffel bag, akhirnya harus tertinggal. Malam sebelum lomba, semua perlengkapan lari harus di cek ulang dan di persiapkan dalam satu tempat yang sama, agar memudahkan untuk dipakai di pagi hari.

  • Cek cuaca dan penyimpanan saat hujan

Cuaca tidak dapat diduga, walaupun biasanya hujan bisa terprediksi, tapi terkadang malah terjadi hujan deras saat hari lomba. Jadi tidak ada salahnya melakukan perencanaan untuk yang terburuk, jadi pertama yang harus dilakukan adalah cek ramalan cuaca via app atau website. Kalau memang beberapa hari ada kecendrungan hujan, Anda harus mulai bersiap. Selanjutnya adalah menyiapkan penyimpanan darurat untuk perangkat elektronik yang Anda bawa, plastik ziplock harusnya sudah cukup untuk penyimpanan. Kalau Anda akan merasa tidak nyaman, berlari dengan kaus kaki basah, tidak ada salahnya juga mempersiapkan kauskaki cadangan.

  • Charge full semua perlengkapan elektronik

Seringkali dilupakan tapi sangat mengganggu saat lomba lari adalah mengetahui jam yang digunkan berlari low batt, jadi pastikan Anda memeriksa semua peralatan elektronik yang dibawa termasuk handphone Anda. Pisahkan alat elektronik malam sebelum lomba, cek apakah berfungsi dengan baik, pastikan daya baterai cukup sampai dengan Anda finish.

  • Persiapkan nutrisi dan suplemen

Bukan satu atau dua kali, kami mendapat permintaan untuk menyediakan energy gel atau salt stick beberapa jam sebelum lomba, yang tentu saja tidak bisa kami penuhi. Rencanakan strategi nutrisi jauh sebelum hari lomba, minimal 1 bulan sebelum race. Pastikan nutrisi yang Anda konsumsi sudah cocok baik dari segi rasa ataupun di perut Anda, JANGAN COBA SESUATU YANG BARU DI HARI LOMBA, jangan karena Anda lihat teman Anda mempersiapkan energy gel, Anda yang sebelumnya tidak pernah berlatih menggunakan energy gel, malah ikut-ikutan. Resikonya bukan saja energy gel jadi tidak terpakai, tapi Anda bisa sakit perut dan tidak bisa berlomba.

==========================================

Dapatkan produk Energy Gels, Nutrisi dan Suplemen penunjang performa olahraga Anda di link berikut (stok terbatas).

===========================================

Credit foto:

Photo by Miguel A Amutio on Unsplash

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *