Skip to content

Rekomendasi 5 Kanal Youtube Untuk Pelari (update 2023)

Medio 2016-an sebenarnya pernah bikin rekomendasi serupa, nah…sekarang kepikiran lagi untuk update lagi. Di list kali ini, pembeda paling jelas adalah adanya kanal lokal. Memang sejak tiga tahun terakhir, perkembangan berbagai kanal youtube makin meningkat. Apalagi saat masuk periode pandemi di 2020 lalu, mendadak semua seakan berlomba untuk jadi content creator. Berikut ini kami kurasi, agar Anda bisa mendapat tontonan yang jelas bermanfaat dan tentu dengan pengambilan gambar yang cukup baik.

  1. Billy Yang

Billy Yang adalah seorang pembuat film, pembawa acara podcast, pembuat konten, dan atlet, berbasis di Los Angeles Amerika Serikat.

Kanalnya dominan berisi cerita mengenai trail running, baik petualangannya sendiri atau nama-nama besar di dunia trail. Salah satu pembeda dari kanal lari yang lain adalah kemampuannya dalam membuat story telling yang menarik dari sebuah gelaran race trail. Dikemas dengan POV pelari, menjadikan kita seakan ikut berlari mengejar waktu saat race. Tentu juga, kemampuannya menyajikan beauty shot, membuat kita akan betah berlama lama menononton film pendeknya.

Link:https://www.youtube.com/@BillyYang

2.Ginger Runner

Kalau berbicara mengenai konsistensi, kanal ini adalah salah satu yang paling konsisten. Mulai tayang sejak tahun 2011, kanal ini adalah one-stop shop untuk review gear, race films, dokumenter, indspirasi lari dan banyak lagi,

Kanal ini memberikan review jujur atas setiap produk yang di tayangkan, ga seperti kanal lokal yang memberikan review baik hanya karena diberikan sample gratis atau memang kerjasama untuk promo. Isinyapun bervariatif, ga cuma soal trail running aja. Plus beliau juga sangat engage dengan viewernya, ada komunitas yang diajak untuk lari bareng tiap tahun dan juga kasih giveaway buat yang ikutan event tersebut.

Link:https://www.youtube.com/@TheGingerRunner

3. Dani Chika

Dani chika adalah content creator yang berbasis di Semarang, Jawa Tengah. Walaupun belakangan isi kanalnya lebih banyak soal sepedahan, tapi beberapa kontennya soal lari, khususnya saat mengikuti race/lomba trail, sangat menarik.

Dikemas dengan POV orang pertama, menyajikan apa adanya semua peristiwa yang terjadi saat race. Semua berjalan natural tanpa setingan, jadi kalo memang lemah dan DNF ya, disajikan apa adanya. Beberapa kali juga ada konten podcast terkait lari yang juga sangat layak dinikmati, sangat saya rekomendasikan untuk follow bagi penikmat olahraga endurance.

Link:https://www.youtube.com/@DaniChika

4. Bodink Artventure

Kanal yang saya temukan tidak sengaja saat berlari di treadmill, dominan di isi dengan petualangan beliau saat menjelajah di gunung Indonesia. Sehabis nonton kanal beliau pasti akan ada semacam dorongan untuk coba jajal yang petualangan yang sama.

Walau beberapa kali pengambilan gambarnya masih terasa statik dan kurang hidup, tapi kanal ini sangat layak di simak. Terutama bagi mereka yang sedang merencanakan petualangannya sendiri, plus ditambah ada informasi-informasi yang sangat berguna untuk kelancaran perjalanan.

Link:https://www.youtube.com/@BodinkArtventure

5. Salomon

Kalau ada brand yang mengelola kanal youtubenya dengan sangat, sangat niat. Maka Salomon adalah salah satunya. Story telling, sinematografi kanal ini sangat memukau. Memang ada beberapa part “soft selling, cuma sama sekali kita sebagai penonton ga berasa sedang di jejali iklan produk.

Ada kanal utamanya yaitu Salomon TV, tapi kanal khusu trailnya juga masih menyimpan beberapa film pendek yang sangat layak untuk di tonton bagi Anda pencinta trail running.

Link:

Honorable mention:

Kanal dari Agus Prayogo, pelari nasional yang telah banyak merain mendali di berbagai event Internasional. Sayang, kanalnya tampak tidak update, mungkin akan menarik kalo di isi dengan tips lari atau konten semacam A day in a life saat beliau mengikuti event.

Link: https://www.youtube.com/@agusprayogo895

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *