Skip to content

Pengalaman servis laptop LENOVO di service center resmi

Disclaimer: Tulisan ini adalah murni bertujuan untuk membagi pengalaman dalam memperbaiki laptop pribadi saya, bukan bertujuan untuk mendeskreditkan/menjelek-jelekan layanan atau produk dari perusahaan dan pihak manapun. Apabila ada yang kurang berkenan, sila hubungi saya melalui pesan atau komentar di artikel ini.


Di akhir 2019 gw membeli Laptop Lenovo Ideapad Slim 3 dengan spek: Intel i5-1035G 8GB 512GB SSD UMA WIN10+OHS FHD IPS, dengan harga sekitar Rp.10,500,000. Terbilang ini laptop yang paling mahal yang pernah gw beli, walau sebenarnya ini dapat fasilitas dari kantor saya waktu itu. Karena pembelian via Tokopedia, jadinya gw menyertakan juga proteksi asuransi via fuse. Karena udah pengalaman dari proteksi asuransi ini ngebantu banget pas handphone rusak.

Berjalan 2 tahun, laptop berjalan sangat baik untuk gw yang kerjanya lebih banyak pakai Office dan sekali kali ngedit ringan di Photoshop. Selama 2 tahun itu, paling cuma ganti tuts keyboard yang diganti karena ketindihan kucing…hahaha. Saat itu juga ga kepake garansinya, karena selain lupa masih ada garansi…betulin nya juga gampang dan perlu sampai nginepin di tempat servis.

Tapi kemudian di akhir mei, karena kurang hati hati. Laptop kena siram air, walaupun cuma sedkit. Awalnya sih ga panik, karena laptop juga masih menyala dan ga tiba-tiba mati. Sampai kemudian ke esokan harinya laptop ga mau boot sama sekali, mencoba tenang dan coba pasang charger, masih keliatan nyala lampu indikatornya. Artinya masih ngisi daya-nya, berharap ini ga terlalu serius.

Akhirnya memutuskan untuk bawa ke service center resmi, di awal pihak sana udah menginfokan kalo untuk perbaikan akan memakan waktu lama dan harus nunggu untuk pergantian part. Tapi karena gw percaya, ya gw setujukan saja. Selang 1 hari ternyata diagnosa nya sudah keluar dengan rincian sebagai berikut:

Diagnosa :

  • Unit tidak bisa nyala, cek fisik ada Korosi pada USB Board dan Cable USB Board
  • Test Compare USB Board dan Kabel USB Board, unit bisa hidup. LCD ada garis putih, dan Keyboard bagian kanan agak lengket

Part Problem :

  • CARDPOP USB Board L 81WB NFP main (5C50S25437)
  • CABLE USB Board Cable L 81WB (5C10S30051)
  • Lenovo DISPLAY LG LP156WFC SPD1 FHDI AG S NB (5D10R29527)
  • C-Cover with keyboard,English,Platinum Grey,Non_Backlight,Non_Fingerprint (5CB0X57476)

NOTE :Pengetesan unit menggunakan USB BOARD dan Kabel USB Board Compare.

Sampai disini agak tenang, karena unit masih bisa nyala dan partnya bukan termasuk yang major kaya mainboard atau processor. Plus untuk yang lain lain macam LCD dan keyboard, sebenarnya ga perlu, karena walaupun ganggu tapi masih bisa digunakan normal sih.

Tapi disini baru mulai segala keribetan dan kejanggalan, get ready. Jadi saya memutuskan untuk coba ganti part aja dari sana, pertimbangannya ya karena bukan part major mungkin ga terlalu mahal, udah survei juga di marketplace lokal dan luar (alibaba) kalo harga part USB board dan cable nya itu masih terjangkau. Untuk di tokopedia, USB board di jual 600rb-an sementara di alibaba di jual 200-300rb-an. Tapi dari service centernya bilang, ga bisa memastikan kapan info part dan harganya tersedia. Wah, masa saya cuma diem aja nunggu…bisa berapa lama itu laptop nginep. Pihak service pun mengarahkan kalo mending diambil aja laptopnya, dengan kalimat yang ambigu. Alasannya karena harga part mahal dan waktu tunggu keteresediaan part yang bisa sampai 4-12 minggu.

Akhirnya bermodal googling, gw coba kontak layanan service center lenovo. Awalnya sih cuma diarahin buat nunggu, tapi ya gw bersikeras, masa cek ketersediaan part harus nunggu berhari-hari akhirnya diberikanlah alamat email service center pusat. Setelah nunggu beberapa waktu, akhirnya di info kalo harga part dan ketersedian sudah di info ke pihak service center. Tapi kemudian masuk keribetan selanjutnya.

Pihak sevice pun akhirnya memberikan quotation harga dan wow….fantastis dari perkiraan gw awal. Untuk perbaikan itu termasuk pajak dan lain lain dikenakan biaya Rp.10,822,500, walau sebenarnya kalo cuma USB board dan cable itu sekitar 3jt-an. Setelah nimbang-nimbang, dibanding tuh laptop pensiun dan harus beli laptop yang setara dengan harga 8-10jtan mending keluar uang aja 3jt sekalian. Tapi…….

Setelah gw setuju dengan quotation dan minta di follow up, ternyata di bilang lagi kalo harus nunggu 4-12 minggu. Lagi-lagi dengan pertimbangan biar sekalian beres, yaudah gw iyain aja. Udah mau gw transfer langsung tuh, dengan catatan untuk part di quotation di ganti untuk USB board dan cable aja…yang lain ga. Tapi ternyata dibilang kalo untuk quotationnya ga bisa dipecah atau diganti, alias untuk pembayaran ya harus full semua. Aneh banget kan? padahal sepengalaman gw, ya quotation itu bisa di nego dan dirubah.

Akhirnya dengan pertimbangan kalo nunggu 4-12 minggu itu terlalu lama dan merasa ga sreg kalo quotation tidak bisa diganti, memutuskan untuk ambil unit saja. Sebelum ambil unit, udah googling nih tempat servis mana yang bisa nanganin, begitu gw bilang kalo ada part yang harus diganti udah 2 tempat bilang kalo ga bisa. Tapi akhirnya dapet tempat servis yang bilang untuk dibawa aja unitnya dan di cek di tempat dia.

Bagian penutupnya rada agak bodoh sih nih, jadi akhirnya gw mutusin untuk ambil unit dengan sebelumnya membayar biaya cek sebesar Rp.166,500 dan unit pun gw bawa tanpa di cek terlebih dahulu. Begitu nyampe rumah, juga ga gw sentuh tuh laptop, karena langsung berangkat sholat jumat. Singkat cerita, laptop gw pun di periksa sama tukang service nya, dan lu tau apa? Laptop berfungsi dengan baik, di dalamnya pun sudah di bersihkan, alias sebenernya ga perlu juga ke tukang service….hahaha… Tadinya sih tukang service nya nawarin buat di inepin dan ganti cable, tapi gw ga mau…darispada resiko kan…plus udah kelamaan tuh laptop di luar. Walaupun laptop ga diapa-apain tapi gw tetap bayar Rp.150,000 ya itung-itung amal lah. Selesai juga drama service laptop ini.

Kesimpulan:

  • Kalau laptop lenovo garansinya udah habis, mending ke tempat service biasa deh. Gak ribet dan bertele-tele.
  • Pihak service center sebenernya ini menyelamatkan gw dari keluar biaya gede, tapi mungkin mereka ga mau menyalahi prosedur, jadi dia ya bersikeras kalo quotation nya ga bisa diganti. Maaf ya gaes udah marah-marah~
  • Selalu cek terlebih dahulu unit yang sudah di servis di tempat saat pengambilan, kalo uda di rumah pasti susah dan ditolak
  • Selalu cari 2nd opinion, jangan mau percata kalo cuma dari pihak distributor atau pabrikan
  • Tetap tenang, kalo grasa grusu malah bikin ambil keputusan yang salah
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *