Skip to content

Merencanakan masa depan anda dan keluarga dengan perencana keuangan

Mempunyai gaji besar tapi tak punya tabungan, hutang kartu kredit menumpuk, selalu direpotkan dengan pembayaran tagihan belanja tiap bulan, ingin investasi tapi kurang paham dengan penjelasan produk atau sulit untuk membeli rumah walau sudah berusaha mati-matian untuk menabung? Kalau anda menglami situasi finansial seperti ini, mungkin yang anda butuhkan adalah seorang perencana keuangan. Mungkin masih banyak yang tidak familiar atau bahkan tidak mengetahui profesi ini, tapi beberapa waktu belakangan semakin banyak yang merasakan perlunya orang yang khusus mengatur perencanaan keuangan pribadi atau keluarga.

Anggapan bahwa keuangan personal atau keluarga sudah cukup dikelola dengan manajemen sederhana tampaknya sudah tidak valid lagi saat ini. Coba saja kita lihat dari pilihan produk keuangan, yang ragamnya makin banyak, mulai dari asuransi, deposito, unit link, saham, valuta asing dan sebagainya. Apabila kita tidak jeli untuk memilih, bukan keuntungan yang didapat tapi malah kita yang harus menanggung kerugian bahkan hutang. Belum lagi misalnya dengan manajemen pengelolaan hutang/kredit, ataupun bila anda berencana ingin membuka usaha baru. Disinilah peran seorang perencana keuangan: membantu memprediksi, merencanakan dan membuat pilihan finansial personal yang dibuat khusus untuk anda.

Tapi yang perlu anda perhatikan adalah, perencanaan keuangan yang anda pilih sebaiknya independen dan tidak berpihak atau menjual suatu bentuk produk apapun. Independen juga berarti memberikan saran dengan objektif tanpa pretensi lain (SARA), diluar untuk perencanaan finansial. Perencana keuangan independen harus mampu membeberkan dengan terbuka kenapa mereka menganjurkan produk tertentu atau menghindari produk lainnya atau apakah produk dengan system shariah lebih unggul dengan yang konvensional. Bagaimana anda mencari informasi mengenai perencana keuangan independen ini? Sebenarnya cukup mudah, karena beberapa figure perencana keuangan independen sudah sering muncul di media baik cetak, tv ataupun online. Bahkan perencana keuangan independen sudah mempunyai wadah profesi tersendiri yaitu Independent Financial Planner Club (IFPC), anda bisa melihat informasi lebih jelas dengan mengunjungi: http://ifpcindonesia.com saat ini IFPC sudah menaungi 13 firma perencana keuangan independen. Di website IPFC anda bisa melihat sekilas profil dari setiap firma dan nomor kontaknya.

Tapi perlu di ingat, se ahli apapun sang perencana keuangan atau se jitu apapun saran yang mereka berikan, keputusan akhir tetap ada pada anda. Selalu update informasi terkait produk finansial, kondisi ekonomi dan tentunya kebutuhan anda dan keluarga agar anda bisa mengambil langkah yang seusai dan benar. Selain itu anda perlu juga tetap waspada terhadap pihak-pihak yang mengaku sebagai perencana keuangan, tapi sebenarnya hanya ingin memanfaatkan dana yang anda miliki. Stay smart and update, check and recheckā€¦.and start planning now!

=========================================================

Content title: Merencanakan masa depan anda dan keluarga dengan perencana keuangan
Content Language: Bahasa Indonesia
Keywords: Perencana Keuangan Independen
Content Length: 400 Kata

 

 

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*