Skip to content

Azamara Club Cruise: Sensasi liburan keliling dunia, dengan layanan prima

 

Rebranding perusahaan ke tingkat yang lebih tinggi, membuat perusahaan ini menjadi pemain utama di kelas pelayaran premium.

Perubahan dalam bentuk apapun, terkadang dihindari oleh banyak perusahaan. Terlebih oleh perusahaan yang bergerak dalam bisnis pelayanan jasa,  berbagai macam alasan mulai dari penurunan jumlah konsumen atau sampai yang paling parah terdepak dari persaingan dan bangkrut. Tapi yang terjadi  sangat berbeda bagi perusahaan pelayaran Azamara Club Cruises, perubahan strategi dan layanan yang mereka lakukan pada 2010 lalu menunai hasil yang sangat baik. Bukan saja penambahan jumlah penumpang, tetapi juga menjadi salah satu pemain utama dalam kelas pelayaran premium di seluruh dunia.

Azamara Club Cruises didirikan pada tahun 2007, sebagai bagian dari perusahaan Royal Caribbean Cruises Ltd, dengan mengusung identitas Celebrity Cruises. Mereka memiliki dua armada kapal pesiar yaitu: Azamara Journey dan Azamara Quest, awalnya kedua kapal tersebut tidak diperuntukan untuk pelayaran kelas premium, tapi hanya diperuntukan sebagai kapal pesiar biasa. Seiring waktu dan adanya peluang untuk mengembangkan pasar dan meningkatkan daya saing, akhirnya diputuskan untuk beralih ke kelas yang lebih tinggi.

Menurut President & CEO Azamara Club Cruises Larry Pimentel, keputusan untuk menggarap kelas premium adalah suatu kewajaran dan karena  memang armada yang ada sangat mendukung untuk keperluan tersebut. Sebelumnya Larry Pimentel juga melakukan semcam riset kecil terhadap agen perjalanan dan juga konsumen lama mengenai perubahan layanan ini, dia juga membentuk tim kecil yang akan fokus 100% bagi perubahan ini.

Perubahan dan rebranding perusahaan mulai resmi dilakukan pada April 2010, mulai dari yang terkecil yaitu perubahan logo sampai dengan pemisahan manajemen dari Royal Caribbean Cruises Ltd. Paling signifikan tentunya perubahan terhadap pelayanan dan fasilitas yang diberikan pada penumpang, kedua armada Azamara Journey dan Azamara Quest mengalami proses refurbish yang menelan biaya sampai dengan $ 25juta USD, pengadaan TV LCD di setiap kamar, perabotan baru, perlengkapan kolam renang baru dan perluasan area publik. Penumpang juga dimanjakan dengan berbagai macam compliment  seperti pemberian wine saat makan malam dan makan siang, layanan kamar dan pemberian berbagai macam minuman secara gratis.

Dari sisi perjalanan, perusahaan yang pernah juga melabuhkan salah satu armada nya di Indonesia ini, juga menawarkan variasi destinasi yang sangat beragam. Mereka akan menyinggahi 140 pelabuhan di 50 negara mulai 2010, dalam rangkaian perjalanan tersebut juga diberikan opsi itinerary untuk berhenti satu hari satu malam atau bahkan lebih, agar penumpang dapat lebih menikmati suasana setiap tempat yang di singgahi. Beberapa destinasi diantaranya: Istanbul, Turki; Sorrento, Italy, yang juga memberikan opsi untuk tur sepanjang pantai Amalfi dan Capri, juga perjalanan tiga hari dua malam di St. Petersburg, Russia, pada itinerary Azamara’s Scandinavia dan Russia; dan menginap beberapa hari pada perjalanan Azamara’s wilayah Asia Tenggara, termasuk Ho Chi Minh City, Bangkok, Singapore and Hong Kong.

Rangkaian perjalanan yang lebih lama dan menginap di destinasi tujuan, selain memberikan pengalaman yang berbeda, juga memudahkan bagi para pengunjung untuk memilih perjalanan yang paling sesuai untuk mereka. Pemberian pelayanan menginap atau overnight juga menginspirasi pihak perusahaan untuk menambah tagline nya “You’ll love where we take you”  yang secara sederhana diartikan “Anda akan senang dengan tempat yang akan kita tuju”

Berbagai macam perubahan yang dilakukan oleh perusahaan ini, pada akhirnya memberikan dampak positif baik dari segi image sampai ke peningkatan jumlah penumpang. Selain itu cakupan konsumen dari perusahaan pelayaran ini semakin luas dan beragam. Selain tentunya konsumen lama yang tertarik dengan opsi menginap di tempat tujuan, rangkaian perjalanan dengan destinasi yang sangat beragam (Eropa, Asia, Karibia dan Karibia)  juga akan menarik konsumen lebih muda.

Dengan segala hasil positif dari proses rebranding ini, Azamara Club Cruises belum akan mengembangkan armada yang dimiliki nya. Menurut Larry Pimentel mereka akan terfokus dalam menggarap kelas premium ini terlebih dahulu, dan tidak terburu-buru melakukan expansi, karena pasar premium membutuhkan penanganan khusus yang berbeda dari kelas biasa. Tapi walaupun begitu, dia mengisyaratkan untuk melakukan peningkatan lebih jauh terhadap kedua armada, apabila memang dirasa dibutuhkan.

Azamara Club Cruises saat ini telah menjadi salah satu pemain dalam jasa pelayaran premium dunia, keinginan untuk berubah dan mencapai tingkatan yang lebih tinggi mendorong pada perubahan. Mereka secara cerdas, memanfaatkan asset yang mereka punya untuk meraih pasar baru potensial. Tetapi yang juga perlu diapresiasi dari proses yang mereka lakukan adalah, kemampuan untuk menahan diri dari melakukan expansi yang tidak perlu, strategi sederhana namun cerdas untuk perusahaan yang baru saja berdiri mandiri.  Azamara Club Cruises menunjukan bahwa perubahan dalam suatu perusahaan, adalah sesuatu hal yang wajar dan tidak harus dihindari, bila disertai dengan strategi yang tepat perubahan akan memberikan hasil yang positif. (and)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*