Skip to content

Review: Asuransi Proteksi Gadget Tokopedia

Konsep asuransi umumnya dikenal untuk bidang kesehatan dan jiwa, sementara untuk barang lebih banyak yang tau dipergunakan untuk kendaraan pribadi. Ternyata saat ini tersedia juga asuransi khusus untuk gadget, bulan Februari lalu kebetulan gw punya pengalaman dalam melakukan proses klaim asuransi handphone. Berikut ini kisahnya.

Tokopedia merupakan salah satu marketplace yang sering gw gunakan untuk membeli berbagai macam produk, mulai dari makanan, baju sampai furniture. Untuk gadget sendiri terhitung sudah empat kali beli di tokopedia, harga sebenarnya sama saja atau tidak jauh berbeda dengan harga di toko offline. Tapi gw membeli via tokopedia karena praktis dan gw agak males ke tempat jual beli hp macam ambas/ITC yang sangat rame,  belum lagi kalo misalnya proses muter-muter nyari toko yang tepat.

Pembelian gw lakukan di toko yang menawarkan selisih harga paling bagus dan bisa melakukan pengiriman express via ojek online. Setelah gw terima barangnya, ternyata gw perhatikan ada tambahan komponen biaya proteksi produk sebesar Rp.50.600

Awalnya sih mau protes, cuma baru inget kalo tadi, gw sendiri yang klik pilihan proteksi…jadi ya sudah di biarkan saja. Tapi ternyata kejadian ga terduga gw alami ke esokan harinya, hp yang masing gress dan mulus harus pecah layarnya. Penyebab nya sih sepele banget, intinya karena gw buru buru balik abis CFD, itu HP ga masuk ke belt gw dan akhirnya jatuh. Itu juga nyadar kalo layarnya retak pas sebelum balik mampir dulu ke mini market dan begitu di liat….jeeeng…layar retak sampe ke bawah-bawah.

Sempat mau di biarkan aja nih HP dalam keadaan retak, cuma begitu dipake ko ganggu banget…akhirnya sore harinya gw langsung bawa itu HP ke servis resmi di Mall of Indonesia di Kelapa gading. Begitu sampai, menunggu sebentar, diperiksa dan dinyatakan komponen lain tidak rusak dan hanya dilakukan penggantian part layar saja. Berikut estimasi nya:

Setelah kembali dari tempat servis resmi, baru nyadar kalo dulu pernah dapet notifikasi proteksi gadget. Langsung deh, kontakk Tokopedia terkait polis ini, ternyata polis baru bisa di kirimkan ke esokan harinya. Kebetulan banget! besokny ada email dari tokopedia atas nama FUSE yang menginformasikan kalau polis asuransi gadget telah terbit dari Asuransi Zurich. Kalo yang dari gw simpulkan, tokopedia ini bekerja sama dengan fuse sebagai agen asuransi, tapi asuransi penyedia nya adalah Zurich. Berikut snap shot polisnya.

Selanjutnya gw menghubungi nomor kontak yang tertera dan oleh CS di arahkan untuk mengirim email resmi. Berikut ini email pertama dari CS.

S

Setelah melengkapi syarat yang diminta, enam hari kemudian gw mendapat balasan kalo polisnya disetujui dengan detail sebagai berikut:

Selanjutnya gw pun mengkonfirmasi poin per poin, khususnya untuk kwitansi karena kwitansi asli dari toko terpotong/rusak. Tadinya gw mau mengirimkan semua persyaratan lewat kurir ojek online, mereka pun menyetujui, tapi di akhir gw memutuskan untuk memakai jasa pengiriman JNE saja. Nah, sayangnya mulai dari sini, respon mereka melambat, estimasi maksimal sih 14 hari semenjak syarat klaim di penuhi, tapi akhirnya klaim bisa di transfer per tanggal 20 Maret 2020 atau sekitar 1 bulan sejak pengiriman email pertama.

Gw merasa beruntung banget bisa dilakukan pergantian kerusakan walau tidak full, blessing in disguise lah. Jadi kalo misalnya lain kali kalian mau beli gadget dan ditawari asuransi, lebih baik di ambil aja. Apalagi kalo pembebanan biayanya terbilang murah.

Semoga share gw ini bisa membantu ya!

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *